VISI, MISI, TUJUAN, STRATEGI DAN TATA NILAI

VISI FAKULTAS PSIKOLOGI

  1. Visi Universitas : Pada tahun 2040 “Menjadi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Unggul, berkarakter kewirausahaan dan bereputasi Global”
  2. Visi Fakultas : Pada tahun 2040 “Menjadi Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Psikologi yang Unggul, berkarakter kewirausahaan dan bereputasi Global”
  3. Visi Program Studi : Pengembangan Keilmuan Psikologi Bidang Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sumber Daya Manusia yang Unggul, Berkarakter kewirausahaan dan bereputasi Global.

MISI FAKULTAS PSIKOLOGI

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran berkualitas sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi dan AP2TPI.
  2. Menyelenggarakan berbagai kegiatan kajian, Penelitian, dan pengembangan ilmu psikologi.
  3. Menyelenggarakan kegiatan kemitraan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang psikologi yang berorientasi pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tata pamong yang otonom, akuntabel, dan transparan secara berkelanjutan.

MISI FAKULTAS PSIKOLOGI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang menumbuhkan semangat kreativ dan inovatif melalui proses belajar yang ramah, nyaman, dan berkualitas.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang  mendorong berkembangnya ilmu pengetahuan di bidang psikologi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam memecahkan masalah yang ada dalam masyarakat dengan tetap menjunjung budaya dan kearifan lokal.
  4. Menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan institusi pendidikan baik dalam maupun luar negeri, instansi pemerintah dan swasta, kemudian kalangan industri dan sekolah untuk pengembangan secara umum dengan kekhususan dalam bidang psikologi pendidikan dan psikologi sumber daya manusia.

TUJUAN FAKULTAS PSIKOLOGI

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang psikologi
  2. Menghasilkan kajian dan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan psikologi
  3. Menghasilkan pemberdayaan masyarakat dalam bidang psikologi
  4. Menghasilkan tata kelola dan tata pamong yang kredibel, transparan, tanggung jawab, akuntabel, dan adil

STRATEGI FAKULTAS PSIKOLOGI

  1. Peningkatan kerjasama dengan instansi/institusi lain.
  2. Peningkatan pemanfaatan sarana dan prasarana guna meraih sumber calon mahasiswa baru.
  3. Peningkatan kurikulum MBKM untuk memperluas kerjasama dengan instansi/institusi lainnya.
  4. Mengembangkan teknologi informasi guna meraih calon mahasiswa generasi milenial.
  5. Meningkatkan mutu kurikulum dan pembelajaran guna bersaing dengan prodi sejenis.
  6. Mengadopsi teknologi informasi guna meraih calon mahasiswa generasi milenial.
  7. Memperluas   penjaringan  mahasiswa baru diluar Jabodetabek dengan menggunakan perkembangan tehnologi informasi                                                                                                              
  8. Meningkatkan kualifikasi pendidikan dosen dengan menjalin kerjasaman dengan instansi/institusi lain.
  9. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dosen melalui kerjasama dalam negeri dan luar negeri dengan institusi lain
  10. Memperluas penjaringan mahasiswa baru diluar Jabodetabek dengan menggunakan perkembangan teknologi informasi.
  11. Meningkatkan kualitas SDM guna mengantisipasi perubahan kebijakan pemerintah.

TATA NILAI

Tata nilai yang dianut oleh Fakultas Psikologi dinyatakan secara implisit dan eksplisit  di dalam rencana strategis dan rencana operasional Fakultas Psikologi, Universitas Borobudur, pada BAB II yang berhubungan dengan  Profil Fakultas Psikologi. Selanjutnya, tata nilai tersebut dirangkum sebagai berikut:

  1. Excellent (Unggul) Cerdas, Pintar, Bijak dan Bermoral Untuk menguasai berbagai bidang, orang cerdas menggunakan logika sebagai sarana pendukung dalam upaya mempertimbangkan pola pikirnya untuk melakukan penalaran terhadap sesuatu. Sehingga pada akhirnya orang cerdas tidak hanya menguasai satu bidang saja melainkan orang dapat menguasai suatu bidang dengan cakupan yang lebih luas. Pintar juga dapat mengacu pada penerapan atau bentuk aplikasi dari hal-hal yang sudah dipelajari seperti pada saat membuat keputusan emosional ataupun mengambil keputusan dalam bisnis dengan cara yang cerdas. Orang pintar dapat memahami apapun dengan sangat baik maka dari itu orang pintar tentunya mempunyai cakrawala pengetahuan dan informasi dengan cakupan yang lebih luas dibanding dari orang-orang pada umumnya. Sehingga pengetahuan yang dimiliki tersebut dapat digunakan untuk menjadi senjata utamanya. Moral menjadi sebuah sifat dasar yang diajarkan oleh orang tua dan di sekolah, hal ini karena moral menjadi bentuk rasa hormat untuk sesama manusia. Moral adalah perbuatan atau tingkah laku, hingga ucapan seseorang dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. Apabila yang dilakukan seseorang itu sesuai dengan nilai yang berlaku di masyarakat, maka hal tersebut dapat diterima dengan baik, begitu pula sebaliknya.
  2. Entrepreneur (Berkarakter kewirausahaan) Percaya Diri, Pantang menyerah, mampu melihat peluang, berani ambil resiko. Dalam konteks wirausaha, karakteristik wirausaha merujuk pada sifat-sifat atau ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh seorang wirausaha yang memungkinkan mereka untuk mengambil risiko, berinovasi, mandiri, tekun, visioner, fleksibel, percaya diri, bertanggung jawab, dan berorientasi pada pelanggan. Seorang wirausaha harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Mereka harus yakin dengan kemampuan diri sendiri dan mampu mengatasi tantangan yang ada.
  3. Globally (Reputasi Global) Diakui secara internasional Globalisasi adalah intensifikasi atau percepatan hubungan sosial seluruh dunia atau secara mendunia yang mengaitkan kejadian di lokasi yang satu dengan yang lain serta menyebabkan timbulnya perubahan pada keduanya